Home » » Tips sebelum menghadapi ujian nasional

Tips sebelum menghadapi ujian nasional

Tips menghadapi ujian nasionalKeberhasilan dalam mengikuti Ujian nasional merupakan kunci sukses buat remaja masa sekolah dimana, dengan hasil yang memuaskan akan membawa para remaja menuju cita-citanya seperti memilih sekolah-sekolah favorit mereka atau memilih unversitas-universitas negeri yang cukup popular , ke universitas pilihan dll. Untuk menggapai hal tersebut dibutuhkan semangat dan kerja keras dari remaja itu sendiri, agar hasil ujian nasional memuaskan.
Untuk itu diperlukan beberapa persiapan sebelum mengikuti atau menghadapi ujian nasional tersebut diantaranya :

1. Belajar dengan giat, dengan banyak membaca baik buku-buku pelajaran maupun buku-buku lain yang masih berhubungan dengan mata pelajaran disekolah. Bisa dilakukan sewaktu subuh atau disaat suasana tenang, buat semacam jadwal rutin setiap harinya.

2. Belajar dengan memanfaatkan teknologi seperti, mencari bahan-bahan pelengkap pelajaran lewat internet, bisa lewat televisi dengan menonton berita maupun acara-acara edukasi. Hal ini gunanya Untuk menambah wawasan, karena biasanya ujian nasional soalannya selalu bersifat umum dan tidak monoton pada pelajaran dikelas saja.

3. Usahakan untuk belajar mengerjakan soal-soal ujian nasional terdahulu, atau jika tak ada bisa mengerjakan soal-soal ujian lewat buku-buku , maupun soal-soal ujian yang berkaitan dengan pelajaran yang akan di ujiankan nantinya

4. Tanamkan dalam diri semangat yang tinggi untuk mencapai nilai terbaik, bisa dilakukan dengan menulis tulisan besar-besar di dinding kamar dengan kata-kata seperti

“ aku harus berhasil dalam ujian ini ”aku harus dapat nilai terbaik ujian nasional ini”aku harus belajar untuk cita-citaku”.

baca terus bacaan ini ketika bangun tidur atau menjelang tidur, untuk membantu memicu semangat dari dalam diri dengan membangkitkannya lewat alam bawah sadar kita

5. Luangkan waktu untuk belajar bersama teman-teman kita yang lainnya, karena dengan belajar berkelompok, dan membahas suatu pelajaran dengan diskusi, bisa memberi kita ingatan yang sangat bagus sebagai memori yang akan membantu kita saat menghadapi ujian nanti, serta bisa membuka pikiran kita dalam mengerjakan soal ujian.

6. Yang terakhir jangan lupa berdoa karena ini salah satu kunci sukses segala usaha yang kita lakukan.


Hanya 6 tips sederhana ini saja, yang bisa saya tulis buat teman-teman dalam mempersiapkan diri mengikuti ujian nasionl , selebihnya bisa teman-teman buat dan ciptakan sendiri untuk masa depan teman-teman remaja semuanya. ingatlah “apapun yang kita buat hari ini maka kedepannya kita akan mendapatkan hasil dari perbuatan kita hari ini” dan ingat juga pepetah “bersusah-susah dahulu baru bersenang kemudian”.

sumber gambar : www.e-dukasi.net
Share/Save/Bookmark

Artikel Selanjutnya :



18 komentar:

Pekanbaru Riau mengatakan...

ok deh bg... gmn klu tips persiapan ujian skripsi.. hiihihihihi...

Rock mengatakan...

Tips yang sangat bermanfaat sobat...

Fi_kanvas mengatakan...

enam tips yang komplit untuk sekses dalam ujian. Disamping usaha belajar dan disiplin waktu , jangan lupakan kekuatan doa.

Laksamana Embun mengatakan...

Tipsnya yang berguna ini buat Anak2 SMA..

Sekalian nembak keyword ya kang... sukses ya...

fai_cong mengatakan...

nambahi no 6 om.
sholat malam (tahajud)
hehe... :D

U-marr mengatakan...

thanks tipsnya yah.
mdah-mdahan dengan tips ini saya bisa berhasil dalam Ujian Nasional pada 22 maret nanti. Amien :D

U-marr mengatakan...

thanks tipsnya yah.
mdah-mdahan dengan tips ini saya bisa berhasil dalam Ujian Nasional pada 22 maret nanti. Amien :D

buwel mengatakan...

thanks neh Mas tipsnya, sangat bermanfaat...

a-chen mengatakan...

thanks kesediaan Masnya mo berbagi, moga mendapatkan balasan dari ilahi... :-)

rezKY p-RA-tama mengatakan...

berkunjung sobat.....
salam kenal....

harto mengatakan...

semoga bisa lancar & lulus semuanya. jangan lupa berdoa & tetap belajar yang rajin.

rizal mengatakan...

memamng dnegan UN ini banyak yang H2C, semoga sumua pada lulu..tip yang bagus bang....

bwt. adek saya ikut ujian tahun ini

anyin mengatakan...

sip nih tipsnya bang

Bisnis Online mengatakan...

untung aja aku udah melaluinya :)

Bisnis Online mengatakan...

wah tapi berguna buat adikku tuh

Mamat mengatakan...

Berguna bnged nie tips nie,,! Pas lg waktunya. He,3x

lam knal y s0b

Qorianisme mengatakan...

Siswa berencana,,,pemerintah menentukan...

Ah,,,semoga soalnya seperti SD saja...

Anonim mengatakan...

yani
tip ini sangat Brguna BgI Q yAni

Copyright © Perencanaan masa depan